RPP Hukum Ohm

Postingan kali ini tentang Rpp Mini dari hukum ohm untuk smp kelas IX kurikulum 2013. Rpp ini saya gunakan untuk mikro teaching di tahun ini :D



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                        : SMP
Kelas / Semester         : IX/
Mata pelajaran           : Fisika
Topik                           : Listrik Dinamis / Hukum Ohm
Pertemuan                   : -
Alokasi waktu : 25 menit

A.    Kompetensi Inti
KI. 1    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar
3.6       Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
4.6       Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1      Memberikan hipotesis mengenai hubungan antara kuat arus dan tegangan
4.6.1      Menjelaskan hubungan antara Kuat arus dan tegangan melalui hasil simulasi

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
1.      Bertambahnya keimanan akan adanya listrik di kehidupan
2.      Menjelaskan hubungan antara kuat arus arus dan tegangan

E.     Materi :
Listrik dinamis, hukum Ohm

F.     Alokasi Waktu
25 Menit

G.    Pendekatan dan metode
Saintifik, simulasi dan ceramah







H.    Langkah langkah pembelajaran
Kegiatan
Uraian
Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru mengucapkan salam
Ø  Guru menyuruh salah satu siswa memimpin Do’a
Ø  Guru menyelidiki hasil pembelajaran sebelumnya mengenai listrik statis
Ø  Guru Mengecek apersepi mengenai rangkaian listrik
Ø  Guru memberikan kasus terkait materi  : Apabila tegangan dirumahmu dinaikkan apa yang terjadi pada arus listrik yang mengalir di rumah
Ø  Guru menyampaikan pentingnya mempelajari Listrik dinamis
5 Menit
Inti
Ø  Guru menjelaskan bahwa siswa akan melakukan simulasi bersama sama
Ø  Guru menunjukkan aplikasi phet simulator : ciruit construction kit
Ø  Guru membuat sebuah tabel di papan tulis
No
Tegangan
Arus
Tegangan/Arus
1
6


2
8


Dst....
...



Ø  Guru menugaskan tiap siswa membuat tabel yang sama di buku masing-masing
Ø  Guru menjelaskan prinsip kerja simulasi
Ø  Guru merangkaikan simulasi
Ø  Guru menugaskan siswa mengambil data dari simulasi yang ditampilkan dengan cara menunjuk beberapa siswa secara bergantian
Ø  Setelah data didapat guru bertanya kepada siswa mengenai data hasil simulasi
Ø  Guru melakukan diskusi bersama siswa mengenai simulasi
Ø  Guru memberikan kesimpulan bahwa simulasi tersebut mengenai hukum ohm
15 Menit
Penutup
Ø  Guru memberukan kesimpulan akhir mengenai hubungan antara tegangan dan arus listrik
Ø  Guru memberikan evaluasi
5 Menit


I.       Penilaian
1.      Afektif
Nama
Aspek
Kritis
Jujur
Bertanggung Jawab
Total
1
2
3
1
2
3
1
2
3
























2.      Psikomotorik
3.      Kognitif
1)      Jelaskan hubungan antara tegangan arus listrik dengan benar
2)      Tuliskan hubungan antara tegangan dan arus listrik secara matematis ?

3)      Jika sebuah rangkaian listrik tegangannya diperbesar dua kali tegangan mula-mula, bagaimana perbandingan arus listrik sebelum dan sesudahnya?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.