Apakah Kecepatan atau Kelajuan yang Tertera Pada Speedometer?

kecepatan dan kelajuan
Speedometer Google Image

Kecepatan dan kelajuan. Saat mengendarai sepede motor atau mobil pasti kita pernah melihat yang sebuah alat  yang memiliki jarum penunjuk, menunjuk pada angka-angka tertentu. Alat tersebut biasa dinamakan Speedometer. Nah, ada yang tau gak apa fungsi dari alat ini? pencatat kecepatan atau pencatat kelajuan? emang kecepatan sama kelajuan beda?

Di fisika khususnya pada pokok bahasan kinematika (cabang fisika yang mempelajari tentang gerak suatu benda tanpa melihat penyebab benda itu bergerak) kecepatan dan kelajuan merupakan konsep yang berbeda.
Sebelumnya pasti kalian telah belajar tentang besarankan? yang lupa nih saya kasi tau  besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dihitung dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan.nah besaran ini dikelompokkan menjadi dua. Yaitu besaran pokok dan besaran turunan. 
Kemudian besaran juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu besaran vektor. Besaran vektor memiliki nilai yang dapat dihitung dan memiliki arah. kemudian besaran skalar. Besaran skalar hanya memiliki nilai saja.
Nah, kecepatan merupakan besaran vektor jadi kecepatan dinyatakan dengan nilai dan arah. Misalnya, Avant berlari ke arah utara dengan kecepatan 25 m/s atau Sarwan berlari dengan kecepatan 24 m/s keselatan. Sedangkan kelajuan merupakan besaran skalar. Jadi, kelajuan hanya dinyatakan dengan nilai kuantitatif saja. Misalnya Jalil berlari dengan kelajuan 26 m/s. 

Setelah dapat penjelasannya jadi speedometer untuk mengukur kelajuan bukan kecepatan. Karena speedometer hanya menunjukkan angka dari kecepatan pada waktu tertentu tanpa melihat arah gerak dari mobil atau motor tersebut.
Untuk mengingatnya tinjau saja dengan bahasa inggris. Speed artinya kelajuan dan Velocity artinya kecepatan
Saya tutup dengan qoute menarik..
"There are no speed limits on the road to success





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.