Integrasi Remediasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran

Integrasi, remediasi, miskonsepsi, pembelajaran

Integrasi Remediasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran. Baik dalam penelitian maupun dalam penerapan pembelajaran. Proses perbaikan konsepsi siswa masih menjadi topik hangat. Pembelajaran ini biasa disebut Remediasi Miskonsepsi. 
Langkah awal dalam meremediasi adalah mendiagnosa kelemahan dari siswa. kemudian, dilakukan perlakuan yang tepat untuk mengatasi hasil diagnosa. Menurut waktu perlakukan remediasi dapat dikelompokan menjadi dua. Bersamaan dengan pembelajaran dan Pengajaran ulang.
Bagi teman-teman yang ingin menambah referensi mengenai remediasi dan miskonsepsi dapat membaca artikel saya sebelumnya tentang Remediasi dan Miskonsepsi
Berikut ini saya sajikan artikel dari senior bg. Adhitya Rahardian mengenai remediasi bersamaan dengan pembelajaran.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan kegiatan remediasi dalam pembelajaran dan mengetahui besar pengaruhnya pada penurunan persentase jumlah miskonsepsi pada dinamika rotasi. Bentuk penelitian berupa Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 (28 orang) dan IPA 2 (28 orang). Tes yang digunakan disusun dengan metode CRI (Certainty of Response Index) termodifikasi berbentuk pilihan ganda berjumlah 12 soal dengan tiga soal untuk masing-masing konsep. Proporsi penurunan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 82,74%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa remediasi yang terintegrasi dalam pembelajaran dapat menurunkan jumlah miskonsepsi secara signifikan (zhitung = -6,51 ; df = 55;  5%). Hasil uji McNemar menunjukan efektivitas remediasi yang terintegrasi dalam pembelajaran untuk masing-masing konsep yang tergolong tinggi, yakni: hubungan lengan momen terhadap torsi (0,69); hubungan momen inersia terhadap percepatan sudut (0,67); gerak menggelinding (0,94); dan kekekalan momentum sudut (0,82). Hasil penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan secara lebih luas pada pengembangan remediasi yang dilakukan bersamaan ketika pembelajaran.

Lebih lengkapnya silahkan baca file scribd.id berikut 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.