Gempa Aceh di Sebabkan Oleh HAARP?

Gempa di aceh di sebabkan oleh HAARP
Peta Administratif Propinsi Aceh Google Images
Gempa Aceh di Sebabkan Oleh HAARP?. Sebelum membahas tentang teori konspirasi ini. Izinkan saya mengucapkan turut berduka untuk semua korban bencana gempa di Aceh beberapa waktu lalu. Semoga Amal ibadahnya diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu taat dan sebagai teguran bahwa Allah SWT maha kuasa. Disamping kabar duka ini terselip di timeline Sosmed saya bahwa Gempa aceh disebabkan oleh konspirasi pihak asing terhadap Indonesia. Menurut teori konspirasi yang beredar gempa kali ini merupakan gempa buatan yang disebabkan alat canggih bernama HAARP.

Saya mencoba berselancar mencari info kebenaran ini di google dengan kata kunci "gempa aceh akibat konspirasi" Hasilnya sebagai berikut :
Gempa aceh buatan alat HAARP

Banyak sekali toh? berita itu kembali bermunculan lagi.

Sebenarnya apa sih HAARP itu?

HAARP merupakan singkatan dari High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP ; Program Penelitian Aurora Aktif Frekuensi Tinggi) adalah program penelitian ionosfer yang didanai bersama-sama oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat, Universitas Alaska, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Dirancang dan dibangun oleh BAE Advanced Technologies (BAEAT), HAARP bertujuan untuk menganalisis ionosfer dan menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru untuk komunikasi radio dan pengintaian. Program HAARP beroperasi di sebuah fasilitas subarktik besar bernama HAARP Research Station dan terletak di lahan milik Angkatan Udara dekat Gakona, Alaska[1]. 
HAARP
Gelombang radio bergerak lurus dan bumi itu bulat (Flat Earth Theory pergi sana :D ) menjadi suatu kendala dalam berkomunikasi maka dicarilah solusi untuk hal ini seperti penjelasan berikut : Radio waves travel in straight lines, but the Earth isn't flat, so sending radio signals to the other side of the world is tricky. HAARP's findings could lead to ways to extend the range of radio signals by creating irregularities in the ionosphere that would bounce signals across long distances. [2]Seperti terlihat pada foto skema berikut ini.

Jadi singkat cerita HAARP merupakan pusat penelitian untuk atmosfer bagian ionosfer terutama untuk komunikasi. Bisa jadi hasil penelitian digunakan untuk keperluan militer mengingat sumber dananya. 

Teori Konspirasi HAARP

HAARP dapat mengontrol Cuaca, mengendalikan pikiran, membuat gempa dan bencana alam lainnya. Beberapa peristiwa yang dikaitkan dengan HAARP adalah Tsunami di Indonesia, Badai katrina, Gempa Bumi Hawaii Gempa Aceh di Sebabkan Oleh HAARP dan maish banyak lagi.
HAARP has become a favorite target for conspiracy theorists and doomsayers. They have blamed HAARP for triggering catastrophes of biblical proportions, such as massive floods, devastating droughts, powerful hurricanes, tornadoes and thunderstorms, and devastating earthquakes in Afghanistan and the Philippines aimed to “shake up” Muslim terrorists. [4]
Dosen Universitas Stanford Umran Inan mengatakan kepada Popular Science bahwa teori konspirasi pengendalian pikiran "sama sekali "tidak berdasar". Ia menjelaskan bahwa "kami sama sekali tidak mampu mengganggu sistem [cuaca] Bumi. Sekalipun tenaga yang diradiasikan HAARP begitu besar, jumlahnya kecil jika dibandingkan dengan tenaga kilatan petir—dan setiap detik ada 50 sampai 100 kilat petir [yang menyambar Bumi]. Intensitas HAARP sangat kecil.” [1][2] . 
HAARP Alat pengendali cuaca?

Prof. Fahmi Amhar  profesor geospasial juga memberikan pernyataan di akun pribadinya mengenai gempa tahun 2012 “Energi yang dibutuhkan sebuah gempa untuk menggoyang area seluas 100 km x 100 km dengan ketebalan kerak bumi 30 km sejauh 1 meter adalah lebih dari 3 x 10^18 Joule. Pada gempa 2004, kerak bumi bergeser kira-kira 4 meter!
Energi ini setara dengan 35.000 bom atom Hiroshima (20 kilo ton – TNT, yang setara dengan 4.2 Mega Joule/kg), atau 70 bom Hidrogen (10 Megaton – TNT), atau lebih dari semilyar kali lipat energi yang dimiliki seluruh fasilitas HAARP,” ujarnya di akun Facebook. “Jadi, teori konspirasi yang menyatakan bahwa gempa 8.5 SR di Aceh 11 April 2012 lalu disebabkan oleh percobaan nuklir AS ataupun oleh senjata HAARP, adalah BOHONG belaka!!” [3] Maka dari itu beliau juga menambahkan di pernyataan laintentan berita bohong atau HOAX. 
Akhirnya artikel ini saya tutup dengan
“Ayo, kita bekerja keras mereduksi risiko bencana, dan tidak sekedar menyalahkan orang lain dengan alasan ada konspirasi, sehingga kita jadi malas merubah diri kita. Padahal Allah tak akan mengubah nasib kita selama kita tidak merubah apa yang ada pada diri kita,” Fahmi Amhar 
Maka tugas kita saat ini harus saling tolong menolong dalam kebaikan dan mencegah keburukan. Apapun profesi kita jangan mudah teralihkan dari fokus atau tajuk utama.Untuk membaca dan menambah pengetahuan berikut ini saya sertakan beberapa sumber yang bisa dijadikan referensi.

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/High_Frequency_Active_Auroral_Research_Program
[2] http://www.popsci.com/military-aviation-space/article/2008-06/militarys-mystery-machine
[3] http://www.acehclick.com/2012/04/14/peneliti-bantah-gempa-11-april-disebabkan-oleh-haarp/
[4] http://www.skeptic.com/eskeptic/10-03-03/#feature

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.