Mengapa bom hidrogen korea utara sebabkan gempa?

uji coba rudal bom korut
Kim meninjau uji coba. Reuters

Mengapa bom hidrogen korea utara sebabkan gempa?. Beberapa minggu terakhir uji coba bom hidrogen korea utara (korut) memicu ketegangan di semenanjung korea. Korut mengklaim berhasil dalam uji coba tersebut. Seperti dilansir dari kompas.com pada minggu (3/9/2017) korut mengkonfirmasi bahwa mereka berhasil menguji coba bom hidrogen tersebut.
Diperkiran bom tersebut berdaya ledak 100 kilo Ton TNT, sebagai perbandingan bom ini kekuatannya lima kali lipat dari kekuatan bom yang dijatuhkan amerika di hiroshima dan nagasaki. Beberapa surat kabar online memberitakan bahwa terjadi gempa berskala 6,3 skala SR, Dengan skala ini gempa dapat merusak area dalam radius 160 km (wikipedia). Gempa ini terdeteksi sejumlah lembaga pemantau gempa dunia lainnya, seperti Amerika Serikat (USGS), Jerman (GFZ), dan Eropa (EMSC) termasuk Indonesia (BMKG mencatat aktivitas seismik tak lazim ini yang juga berpusat di Korut.
"Sebanyak 166 sensor seismik yang digunakan BMKG dalam menganalisis parameter kegempaan menunjukkan adanya sebuah 'pusat gempa' dengan kekuatan 6,2 SR terletak pada koordinat 41,29 LU dan 128,94 dengan kedalaman 1 km tepatnya di wilayah Negara Korea Utara," demikian keterangan tertulis BMKG yang diterima Liputan6.com. Sebenarnya fenomena gempa akibat bom tercatat beberapa kali terjadi. Salah satunya gempa berkekuatan +/- 8 SR hingga Tsunami pernah terjadi.
Timbul pertanyaan benarkah sebuah BOM dapat mengakibatkan gempa bumi? bukankah gempa bumi merupakan salah satu peristiwa alami.
Gempa bumi secara alami diakibatkan oleh pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang disebabkan oleh lempengan yang bergerak.
Pelepasan energi ini dapat berupa gelombang seismik. Gelombang seismik membawa energi yang disebabkan oleh gangguan dalam kerak bumi.

www.jejaktapak.com
Secara sederhana saat meledak bom juga melepaskan energi. Semakin banyak energi yang dilepaskan maka semakin besar pula gelombang kejut yang dihasilkan. "Gelombang kejut merupakan tekanan tak-kasat mata yang diekspresikan oleh nilai tekanan-lebih atau overpressure, yakni selisih antara tekanan gelombang kejut terhadap tekanan atmosfer standar (diidealkan pada paras air laut rata-rata)" Ekliptika.wordpress.com. Gelombang kejut bom hidrogen sangat besar hingga dapat menggangu struktur kerak bumi dan menggetarkannya. Hal inilah yang menjadi penyebab bom hidrogen dapat memicu sebuah gempa bumi.
Sumber :
http://internasional.kompas.com/read/2017/09/03/14305401/korut-umumkan-kesuksesan-uji-coba-bom-hidrogen-berdaya-100-kiloton
http://global.liputan6.com/read/3081013/uji-coba-bom-hidrogen-korea-utara-terpantau-bmkg
https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_Richter
https://id.wikipedia.org/wiki/Gelombang_seismik
https://news.okezone.com/read/2017/09/03/18/1768439/uji-coba-bom-hidrogen-korut-mengakibatkan-gempa-6-3-sr
http://yogajundulloh.blogspot.co.id/2009/11/bom-hidrogen-penyebab-gempa-bumi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi
https://ekliptika.wordpress.com/2016/12/19/bom-ledakan-dan-dampak-gelombang-kejutnya/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.