Konsep Fisika Pada Sayap Motor-Motto GP dan Mobil-F1

penggunaan saya motor
Motto GP - twiiter.com
Pernah menonton formula 1 atau motto GP. Pastinya kalian pernah ya, minimal pernah liat gambarnya di Internet. Saat ini (2016) kedua balapan tersebut memiliki kesamaan penggunaan komponen. Apa itu? Jawabannya sayap, formula 1 lebih dulu (kayaknya sih sudah lama sekali) memakai wings didepan dan di belakang mobil. Sedangkan di motto GP sendiri penggunaannya sudah dua tahun (2015 & 2016 *CMIIW). Namun, regulasi terbaru menyebutkan bahwa tahun 2017 pengguaan winglet untuk motto GP dilarang. Sebenarnya apa sih kegunaan sayap tersebut dalam balapan? mari kita ulas melalui kacamata fisika.


Sebelum lebih jauh membahas sayap tersebut. Kita terlebih dahulu akan membahas tentang konsep fisika yang berkaitan dengan fisika. Konsep tersebut disebut hukum bernoulli. Hukum ini menyebutkan bahwa Tekanan (P) pada suatu titik yang dialiri fluida berbanding terbalik dengan kecepatan (V) fluida mengalir. Jika kecepatan besar maka tekanan fluida mengecil begitu sebaliknya.
Saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi maka secara otomatis laju udara yang melewati permukaan atas kendaraan juga cepat akibatnya sesuai hukum bernoulli maka tekanan di atas kendaraan akan berkurang dan membuat gaya angkat keatas. Lihat foto start berikut :
Start GP valencia - Motto GP channel
Dari foto terlihat motor rossi terangkat. Begitu juga saat di lintasan panjang, keadaan ini disebut whelie. Hal ini juga terjadi di formula 1.
Maka dibuatlah tambahan bagian saya pada motto GP di depan motor. Sayap kendaraan didesain seperti dibawah ini

Sayap akan menyebabkan gaya tekan kebawah atau downforce. Akibatnya pada saat kecepatan maksimum atau akselerasi peristiwa whelie akan diminimalisir dan tetap pada aspal.
Pada mobil F1 wing-sayap dapat diatur oleh pembalap sendiri melalui kontroler. Sedangkan untuk motto gp dianggap berbahaya bagi keselamatan saat melakukan manuver. Harapannya semoga kedepan ada banyak lagi inovasi dari penggunaan fisika.
Karena fisika itu sebenarnya mudah dan ada di kehidupan kita
selamat belajar

0 komentar