Pontianak Punya Busway

halte busway pontianak
Pontianak akan punya Busway. Beberapa hari yang tak sengaja terlihat judul berita dari koran lokal tentang akan adanya pembangunan halte tambahan di beberapa tempat di kota pontianak, dalam pikiran saya muncul pertanyaan "apakah akan efektif? mengapa tidak dialihkan ke pembangunan fasilitas umum lain? Haltenya sih ada, lah angkutan umumnya gak ada. Setelah saya cek di internet ternyata ada berita menggembirakan bagi warga pontianak :).

Sebagai seorang yang biasa hilir mudik pontianak kubu raya. selama hampir 5 tahun terakhir (Hal ini akan terus berlanjut entah sampai kapan). Alhamdulillah beberapa jalan dan rute kota pontianak sudah saya hafal. Dulu-duluu waktu saya masih SD transportasi umum masih banyak dijumpai, Jurusan-jurusan/trayek ditandai dengan warna dari tiap oplet. Misalnya warna hijau daerah ayani-tanjungpura, warna putih garis merah jalan arteri supadio-tanjungpura, warna kuning Tanjungpura-sudarso. Kalo mau tau yang liat silahkan lihat album kamek pontianak tentang opelet.
Angkutan BRT untuk kota pontianak

Seiring pesatnya perkembangan transportasi, transportasi dipontianak mulai berkurang diminati, dari hail pengamatan pribadi sudah jarang sekali opelet terlihat.
Saat Jakarta punya busway, kemudian akan membangun monorel. Muncul pertanyaan "mengapa pontianak tidak membangunnya juga? bukankah bayang-bayang kemacetan parah dipontianak akibat banyaknya kendaraan pribadi sudah mulai kita rasakan. Sewaktu kuliah pernah saya membuat tulisan mengatasi kemacetan dan polusi kota pontianak dengan membangun kereta super cepat maglev di pontianak. Namun, melihat keterbatasan dari beberapa hal dan cakupan luas kota pontianak sepertinya busway saja cukup.
Dikutip dari website humas kota pontianak akan mendapatkan bantuan Bus dari pemerintah pusat sebanyak 11 (sebelas) unit, "Mengapa baru sekarang karena saat ini jalan di pontianak sudah lebar. Mudah-mudahan dapat menjawab kebutuhan masyarakat" Seperti dituturkan bapak sutarmidiji. Untuk menunjang maka tahun ini akan dibangun 7 halte dan tahun depan rencananya akan ada penambahan 7 halte lagi. Pembangunan akan diprioritaskan di daerah taman dan sekolah-sekolah.
Mengenai rute seperti dikutip dari suara pemredkalbar.com akan ada tiga jalur trayek yaitu :

  1. Rute pertama dari Terminal Sungai Ambawang menuju Jalan Alianyang,, lalu ke Jalan Adisucipto menuju Jalan Imam Bonjol. Kemudian ke Jalan Tanjungpura dan Jalan Rahadi Usman, lalu ke Jalan Pak Kasih dan Jalan Pelabuhan Pontianak. Adapun tarikan penumpang dari Shelter Damri, Shelter Bus Borneo, Pasar Flamboyan, Pasar Tengah dan Pelabuhan Pontianak. 
  2. Rute kedua dari Terminal Sungai Ambawang menuju Jalan Alianyang (kbr), lalu ke Jalan Arteri Supadio menuju Jalan Ahmad Yani. Kemudian ke Jalan Sultan Abduraihman menuju Jalan Sultan Syahrir, lalu ke Rumah Radakng. Adapun tarikan penumpang dari Untan, Megamall, SD/SMP AL Azhar, Sekolah Terpadu, Mujahidin, SD/SMP Muhammadiyah, MAN2, LKIA, SMKN5, SDS Bruder Nusa Indah, SMA Santo Petrus, SMA Negeri 1, SMP Negeri 3, dan SMP Negeri 2. 
  3. Rute ketiga Terminal Sungai Ambawang menuju Jalan Alianyang (kbr), lalu ke Jalan Trans Kalimantan menuju Jalan Ya’M Sabran. Kemudian ke Jalan Sultan Hamid II menuju Jalan Situt Mahmud, lalu ke Jalan Khatulistiwa dan Terminal Batu Layang.Tarikan penumpang dari Pasar Puring, Tugu Khatulistiwa, SMP Negeri 7, SMP Negeri 20, SMK Negeri 2, SMA Negeri 5, SMP Negeri 15, SMP/SMA Maranata, SMP/SMA Abdi Agape dan SMP/SMA Fransiskus Asisi

Harapannya kedepan kita bersama masyarakat memupuk kesadaran dan budaya untuk menggunakan angkutan umum massal. Selain mengatasi kemacetan, polusi dan mengurangi angka kecelakan. Kita juga dapat meningkatkan pariwisata kota pontianak. Jadi, nantinya wisatawan tidak perlu bingung mencari transportasi untuk keliling kota pontianak. Semoga

Referensi :
Foto : google street view pontianak
http://www.suarapemredkalbar.com/berita/pontianak/2016/09/14/kota-pontianak-akan-punya-busway-tujuh-halte-dibangun"
http://humas.pontianakkota.go.id/berita-790-pemkot-bangun-7-halte.html

0 komentar