Sejarah Pemakaian Toga Saat Wisuda

Pemakaian toga saat wisuda
Ketika acara wisuda di perguruan tinggi atau acara kelulusan di beberapa sekolah terdapat suatu kebiasaan memakai pakaian serba hitam dan topi yang khas. Pakaian itu disebut toga. Beberapa bulan lalu teman saya juga memakainya (Saya kapan? *hening | Semoga lekas menyusul Aamiin). Baiklah kali ini saya tidak akan mengusut tentang mengapa seseorang bisa wisuda. Tapi khusus mengenai sejarah toga.

Toga dalam kalangan akademik menjadi simbol kelulusan setelah menempuh perkuliahan atau belajar sekian tahun. Lantas darimana asal-usulnya benarkah berasal dari eropa? Dikutip dari wikipedidotcom bahwa Toga berasal dari bahasa latin Tego yang berarti penutup. Disebutkan pula meskipun sering dikaitkan dengan bangsa romawi (coba lihat beberapa foto orang roma) toga sebenanrnya berasal dari semacam jubah yang dikenakan oleh pribumi italia, yakni bangsa etruskan yang hidup di italia sejak 1200 SM. Dari pemaparan singkat tersebut toga versi romawi hanya pakaian seperti jubah tanpa penutup kepala dan seragam khusus pria saja. Lantas  darimana asal topi dan mengapa menjadi pakaian khusus saat upacara kelulusan ? Ternyata Toga berasal dari budaya/sejarah kebesaran islam.
Awalnya saya-pun berfikir toga berasal dari eropa dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan islam. Tapi, hari ini (17/9) saat sedang membaca buku dari Ahmad mansur suryanegara (kalo tidak salah beliau sekarang telah menjadi guru besar) dalam bukunya Api Sejarah bagian 1(buku ini kerennn-). Beliau menuturkan bahwa toga berasal dari peradaban islam.
“sejarah mencatat, tumbangnya kekuasaan politik islam atau kekhilafahan , tidak berarti hilang musnahnya ajaran islam. Justru sebaliknya, penyerbu dan penghancur kekuasaan politik islam, berbalik sedikit demi sedikit meniru islam”.
Sistem pendidikan islam, universitas islam qurtubah di andalusia atau dibeberapa penulisan lebih dikenal sebagai universitas kordoba di spanyol, universitas islam nizhamiyah di baghdad, universitas islam Al-azhar di mesir ditiru oleh universitas barat ataupun mongol dan universitas islam Hochow di cina. Ditiru sistem kurikulum, ujian, dan sampai pemakaian JUBAH, bahasa arab, digantikan dengan nama TOGA, bahasa latin pada waktu wisuda. Perhatikan warna hitam jubah atau toga sebagai simbol kiswah ka’bah. Dengan ilmu dan gelar bukan untuk bertingkah laku takabur, melainkan justru untuk lebih mendekat dan menyembah Allah SWT yang memiliki baitullah.
Perhatikan topi toga berbentuk segi empat sebagai lambang ka’bah yang berbentuk segi empat. Di Indonesia, berbuabh topi toga bersegi lima.
Sudah jelas bukan. Itu baru soal pakaian. Di lain waktu kita akan membahas tentang langkah-langkah metode ilmiah yang katanya juga berasal dari peradaban islam. Kemudian masih banyakkk lagi. Jika anda pernah membaca tentang “Abad kegelapan / abad pertengahan” Sebenarnya itu hanya berlaku di eropa saja karena saat itu islam sedang dalam masa kejayaan dalam semua bidang bahkan budaya mandi dan sabun berasal dari islam. Insya_Allah kejayaan itu akan datang kembali Aamiin.

Semoga ilmu yang kita miliki selalu dilimpahi keberkahan dan tidak membuat kita menjadi orang yang sombong serta takabur. Aamiin

Referensi :
Suryanegara, Ahmad. M.2009.Api Sejarah Bagian 1. Pasirwangi:Grafindo Media Pratama
Online : Toga https://id.wikipedia.org/wiki/Toga_(pakaian) 

0 komentar