Terobos lampu merah dengan cara fisika

lampu merah perempatan
Tips aman terobos lolos dari lampu merah dengan cara fisika. setiap pergi dan pulang kuliah saya selalu berhadapan dengan lampu merah. jika, sedang beruntung maka lampu hijau selalu menaungi saya. Namun, kejadian seperti ini langka, hanya secercah waktu saja. wajarlah ye ndx :) .. Saat lampu merah menyala waktu terasa jalan begitu lambat, padahal paling lama 2 menitan lah. Berbeda dengan lampu kuning, waktu terasa lebih singkat. Dilatasi waktu broh, teori baru nih, hubungan antara waktu dan warna lampu hehe... Lantas, adakah cara agar bebas menerobos lampu lalulintas tanpa terkena tilang? Bagaimana fisika menjelaskannya, Yuk mari.....

kajian ini berkaitan dengan gelombang, baik itu gelombang fisik (disebabkan oleh perubahan medium akibat usikan) atau gelombang non fisik (akibat induksi misalnya Gelombang elektromagnetik).
baiklah sebelum lebih jauh, kita akan bahas mengenai perubahan frekuensi. Kita cari tau dulu apa itu frekuensi, frekuensi merupakan banyaknya getaran suatu benda dalam satu detik/sekon. Satuannya Hertz. Misalnya nih, frekuensi radio 101.8 Mhz artinya 1018000 getaran dalam satu detik. Kemudian lamda (huruf latin) artinya panjang gelombang satuannya meter, setiap warna memiliki kisaran panjang masing-masing. Panjang gelombang merah lebih panjang dari gelombang hijau. 
Langsung saja, pada pokok bahasan gelombang terdapat satu konsep penting efek doppler, misalnya saat kita mendengar suara azan di masjid kemudian mendekatinya--maka suara azan akan terdengar lebih kuat dari pada saat kita menjauhi sumber azan. Nah, konsep inilah yang bisa kita pakai untuk lolos dari lampu merah.
berikut ini perhitungannya (maaf saya lupa sumbernya )
perhitungan lampu lalu lintas menggunakan efek doppler

Intinya kecepatan kalian kurang lebih 49650 km/detik atau 178740000 km/jam. Dalam keadaan kecepatan tersebut panjang gelombang dari lampu merah akan memendek dan frekuensinya akan meningkat hingga lampu yang berwarna merah akan terlihat hijau dari pandanganmu. Pertanyaannya sekarang apa bisa kendaraanmu dapat menempuh kecepatan segitu. Kalo emang bisa gak hanya lampu merah yang dilewati keliling dunia pun bisa :)
Jadi, kesimpulannya mudah saja. Taati lampu lalu lintas toh paling lama mungkin 2 menit gak selama nungguin si dia yang janji dan PHP_kan? #eh
semangat menunggu dan mentaati lalu lintas keep ride save bro.. 

0 komentar